Rumah Unik

Rumah Unik

Beberapa orang kini mulai mencoba hal-hal baru termasuk dalam mendesain rumah. Orang-orang mulai membuat desain rumahnya berbeda dengan bentuk rumah pada umumnya. Bisa dibilang mereka mendesain rumah sesuai keinginan mereka sehingga terlihat unik dan menarik. Nah, berikut ini kami sajikan beberapa desain rumah unik. Semoga mengispirasi!

(Gambar 1)

Sumber:  dekoruma.com

Rumah yang satu ini didesain oleh seorang arsitek Polandia. Desain rumah ini memang berbeda dari rumah biasanya dengan posisi rumah terbalik 180 derajat. Tujuan sebenarnya dari pembangunan rumah ini adalah sebuah uangkapan terhadap berakhirnya era komunis di Polandia.

(Gambar 2)

Sumber:  dekoruma.com

Rumah yang tampak diapit oleh dua batu besar ini terletak di Portugal. Jika dilihat dari luar rumah ini memang tampak primitif, namun cobalah untuk masuk ke dalamnya. Kamu akan terkejut dengan fasilitas lengkap di dalam rumah ini, seperti kolam renang, perapian, dan lain sebagianya.

(Gambar 3)

Sumber:  dream.co.id

Tak hanya bentuknya yang unik seperti parabola, rumah yang berada di Prancis ini juga memiliki fungsi yang sangat bermanfaat lho. Panel surya yang dipasang di seluruh bagian permukaan rumah membuat rumah tetap hangat di musim dingin dan tetap dingin di musim panas.

(Gambar 4)

Sumber: dekoruma.com

Rumah yang memiliki bentuk biola dan piano di atas terletak di Huainan, Tiongkok. Desainnya yang unik membuat rumah ini sering dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Kaca-kaca besar yang berada pada bagian depan rumah membuat rumah ini terlihat semakin menarik.

(Gambar 5)

Sumber: brilio.net

Rumah yang terletak di Jerman ini pantas mendapat julukan sebagai rumah terkecil di dunia dengan ukuran 1 m2. Ukurannya yang kecil dan adanya roda pada bagian bawah rumah membuat rumah ini mudah dibawa kemana-mana (portable). Desainnya yang unik juga membuat rumah ini semakin menarik.

(Gambar 6)

Sumber: dekoruma.com

Selain di luar negeri, Indonesia juga memiliki desain rumah unik seperti yang satu ini. “Rumah Ranting” di bangun dengan menggunakan bahan bangunan alami daur ulang, sehingga membuat rumah ini unik dari segi pemanfaatnya. Arsitek yang mendesain rumah ranting adalah Yu Sing yang memang terkenal akan kreatifitasnya mengubah bahan bangunan murah menjadi terlihat mahal dan memiliki nilai estetika tinggi.

(Gambar 7)

Sumber: arsitag,com

Studio Air Putih Indonesia mendesain rumah tradisional yang satu ini dengan desain yang unik sehingga terlihat sangat menarik. Rumah dengan konsep tradisional ini tampil apik dengan mengedepankan budaya dan tradisi, serta nilai-nilai kehidupan.

(Gambar 8)

Sumber: eljohnnews.com

Selain memiliki bentuk yang unik seperti rumah di serial kartun “Teletubis”, rumah-rumah ini didesain sebagai rumah tahan gempa. Karena bentuknya yang unik, rumah-rumah ini kini menjadi destinasi wisatan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Kamu bisa menemukan destinasi wisata ini di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

(Gambar 9)

Sumber: furnizing.com

Keunikan rumah yang satu ini terletak pada bahan bangunannya yaitu berasal dari botol-botol bekas. Rumah dengan desain yang unik ini dirancang oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil dan terletak di Cigandung Selatan, Bandung, Jawa Barat. Karena inovasinya, rumah ini pernah memenangkan penghargaan sebagai Green Design Award pada penghargaan BCI Asia lho.

(Gambar 10)

Sumber: wisatalogi.com

Rumah yang terletak di Magelang didesain menyerupai bentuk kamera DSLR sehingga terlihat sangat unik. Pemilik rumah ini adalah seorang seniman yang berasal dari Semarang, Tanggol Angien Jatikusumo.

(Gambar 11)

Sumber: arsitag.com

Jika kamu menginginkan rumah bergaya minimalis, rumah yang didesain oleh Studio Air Putih pada tahun 2008 ini dapat menjadi inspirasimu. Selain bentuknya yang unik, model rumah Go Green yang satu ini memang didesain ramah lingkungan dan hemat energi untuk memberikan kenyamanan di tengah isu pemanasan global.

(Gambar 12)

Sumber: msn.com

Rumah yang terlihat miring ini merupakan salah satu karya anak bangsa, Budi Pradono. Arsitek asal Indonesia yang satu ini memang sengaja membuat desain rumah unik dengan struktur baja yang sangat kuat. Rumah dengan desain minimalis di atas menggunakan kaca besar dan lebar pada bagian luar rumah agar pencahayaan di dalam rumah tercukupi.

(Gambar 13)

Sumber: msn.com

Selain desainnya minimalis, rumah yang satu ini terlihat sangat unik karena pada bagian rumahnya terdapat box kontainer. Hunian nyaman di atas didesain oleh arsitek perempuan asal Indonesia, Atelier Rini.

(Gambar 14)

Sumber: infobisnisproperti.com

Denah rumah harus dibuat terlebih dahulu sebelum memulai pembangunan rumah. Desain rumah di atas merupakan salah satu contoh denah rumah unik lantai satu yang berbentuk trapesium.

(Gambar 15)

Sumber: infobisnisproperti.com

Denah rumah lantai dua di atas merupakan denah rumah unik yang berbentuk trapesium. Ukuran panjang dan lebar harus dicantumkan dalam denah agar mempermudah pembangunan rumah nantinya.

(Gambar 16)

Sumber: ofirst.com

Denah rumah sederhana yang satu ini merupakan salah satu denah rumah unik. Ukuran panjang dan lebar serta keterangan denah rumah harus ditambahkan agar lebih mudah dipahami.

(Gambar 17)

Sumber: dekorrumah.net

Pagar rumah unik satu ini terlihat berbeda dengan pagar rumah pada umumnya. Pagar ini didesain dengan melengkung dengan ukiran rumit di bagian dalamnya.

(Gambar 18)

Sumber:dekorrumah.net

Pagar rumah yang satu ini dibangun dengan menggunakan batu-batu alam. Susunannya yang unik membuat pagar rumah unik satu ini memiliki nilai estetika yang tinggi.

(Gambar 19)

Sumber: rumahjos.com

Meskipun hanya terbuat dari batu bata, susunan batu bata yang unik ini berhasil membuat pagar rumah terlihat sangat menarik. Warna merah bata juga membuat pagar rumah ini tampil cantik.

(Gambar 20)

Sumber: sewa-rumah.net

Selain bermanfaat sebagai penghubung lantai satu dengan lantai dua rumah, tangga rumah yang satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai rak buku. Benar-benar menarik, bukan?

(Gambar 21)

Sumber: rumahkunik.com

Tangga yang satu ini terlihat sangat unik, bukan? Dengan desain yang menarik, tangga ini seolah-olah melayang di udara.

(Gambar 22)

Sumber: desaininterior.me

Tangga yang satu ini didesain dengan bentuk yang spiral. Selain bentuknya yang unik, tangga rumah unik ini menggunakan kaca untuk bagian luarnya.

(Gambar 23)

Sumber: rumahmi.com

Teras rumah unik ini didesain dengan konsep terbuka. Pencahayaan yang cukup membuat teras rumah ini terasa hangat.

(Gambar 24)

Sumber: infobisnisproperti.com

Teras rumah yang luas membuat nyaman penghuni rumah yang satu ini. Dengan ukuran yang luas, teras rumah ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas.

(Gambar 25)

Sumber: dekoruma.com

Rumah yang satu ini memiliki teras bergaya klasik. Kayu sebagai bahan utama dalam memdesain teras rumah unik yang satu ini membuat rumah tampak hangat.

(Gambar 26)

Sumber: pusmeong.com

Desain pintu rumah unik yang satu ini terlihat sangat menarik. Didesain berlubang-lubang dan terbuat dari kayu, pintu rumah ini menghadirkan konsep alami.

(Gambar 27)

Sumber: pt.aliexpress.com

Tekstur bebatuan yang terdapat pada pintu rumah unik yang satu ini sangat menarik untuk dilihat. Permilihan warna yang tepat juga membuat pintu rumah ini terlihat indah.

(Gambar 28)

Sumber: kusen.co.id

Pintu rumah yang satu ini didesain sangat menarik. Desainnya yang unik membuat pintu rumah ini terlihat menjorok ke dalam.

Rumah Kayu

Kayu merupakan material yang terkenal karena nilai klasik yang ditawarkan dan rasa hangat dan nyaman yang dipancarkan. Rumah yang dibuat dari kayu teresan sangat lekat dengan alam, maka tak heran jika kini banyak orang yang menginginkan rumah kayu untuk dijadikan sebagai hunian.

Harga rumah kayu berbeda-beda tergantung jenis kayu yang digunakan, desain rumah, ukuran rumah, dan lain sebagainya. Dikutip dari rumahkayuwoloan.com harga rumah kayu di Jawa dan Bali berkisar kurang lebih 2,5 juta/m3 sampai 2,8 juta/m3. Harga ini sudah termasuk transportasi  material rumah kayu via container atau truck, dokumen kayu dan dokumen perjalanan produk rumah kayu, serta transportasi tukang pulang pergi.

(Gambar 29)

Sumber: rumahkayuwoloan.com

Denah rumah ini merupakan renah rumah kayu tipe 70 yang dibangun di Jonggol, Bogor sebagai tempat tinggal para pekerja kebun dan penjaga ayam. Rumah ini terdiri dari teras, 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, dan 1 kamar mandi.

(Gambar 30)

Sumber: rumahkayuwoloan.com

Denah rumah kayu ini berukuran 16 meter x 9 meter yang dibangun di Pejanten, Jakarta Selatan. Rumah ini terdiri dari 3 teras, 3 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 dapur, dan 3 kamar mandi.

(Gambar 31)

Denah rumah kayu tipe 198 di atas sangat cocok untuk kamu yang memiliki banyak anggota keluarga. Rumah kayu ini terdiri dari 2 teras, 4 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, dan 2 kamar mandi.

Sumber: rumahkayuwoloan.com

(Gambar 32)

Sumber: dekorrumah.net

Rumah dengan gaya minimalis juga dapat dibangun dengan menggunakan kayu seperti rumah di atas. Desainnya memang sederhana, namun tetap terlihat elegan, bukan? Kesan elegan pun semakin bertambah dengan penggunaan kaca lebar untuk bagian pintu dan jendela rumah.

(Gambar 33)

Sumber: gambarfurniturekeren.com

Rumah kayu sederhana berlantai dua yang satu ini memberikan kesan yang nyaman dengan penggunaan lampu berwarna kuning. Desainnya yang unik dengan pemilihan warna yang tepat juga membuat rumah ini sangat menarik.

(Gambar 34)

Sumber: gambarfurniturekeren.com

Desain rumah kayu sederhana ini dibangun dengan menggunakan konsep alam dengan kayu dan batu alam sebagai bahan bangunan rumah. Penggunaan kaca yang lebar dan luas membuat rumah ini terlihat modern.

(Gambar 35)

Sumber: modelkursi.co

Rumah kayu yang memiliki dua lantai yang satu ini memiliki desain minimalis modern. Bagi kamu yang menyukai desain minimalis dengan konsep alam, kamu bisa menggunakan desain rumah yang satu ini untuk inspirasi rumah impian kamu.                            

(Gambar 36)

Sumber: gambarrumah.info

Rumah kayu minimalis di atas terlihat sangat modern bukan hanya karena kaca dan model atap yang unik. Selain itu, tampilan teras yang didesain sangat unik juga membuat desain rumah ini sangat menarik.

(Gambar 37)

Sumber: mejakomputer.com

Rumah minimalis yang satu ini juga menggunakan kayu sebagai bahan bangunannya lho. Desainnya yang mengutamakan bentuk persegi menjadi ciri khas rumah minimalis modern masa kini.

(Gambar 38)

Sumber: ibu.sehati.info

Rumah kayu ini terletak di Ancol sehingga dikenal dengan sebutan rumah kayu Ancol. Menghadirkan konsep wisata kuliner, rumah kayu Ancol ini menarik banyak pengunjung.

(Gambar 39)

Sumber: mldspot.com

Rumah kayu Ancol menghadirkan gaya tempat makan, seperti makan lesehan gubukan, di pesawat, atau di meja makan biasa. Kalau kamu mau coba yang mana?

(Gambar 40)

Sumber: ndikhome.com

Rumah kayu Ancol juga menghadirkan tempat makan yang unik yaitu sensai makan di dalam pesawat. Kamu bisa mengajak keluarga kamu atau teman-teman kamu untuk menikmati makanan di sini.

(Gambar 41)

Sumber: myfunfoodiary.com

Rumah kayu Gading Serpong terletak di Tangerang, Banten. Rumah kayu yang satu ini merupakan sebuah taman santap yang sangat cocok untuk wisata kuliner, baik untuk keluarga maupun acara kantoran dengan jumlah anggota yang banyak.

(Gambar 42)

Sumber: zaenabnuraini.com

Seperti namanya, rumah kayu Gading Serpon dibangun dengan menggunakan kayu sehingga akan menimbulkan kesan hangat. Lingkungan sekitar rumah kayu ini juga dihiasi oleh tanaman-tanaman dan tak jarang terdapat pula pohon-pohon rindang yang membuat suasana semakin nyaman.

(Gambar 43)

Sumber: idopenrice.com

Selain duduk dengan menggunakan kursi dan meja kayu, kamu juga bisa menikmati makanan sambil lesehan. Meja-meja makan yang disediakan pun cukup banyak.

(Gambar 44)

Sumber: anomharya.com

Seperti namanya, rumah kayu malang terletak di Kota Batu, Malang. Rumah yang terbuat dari kayu ini juga memiliki teras kecil di bagian depannya yang juga terbuat dari kayu dan berada di atas pohon.

(Gambar 45)

Sumber: jejakpiknik.com

Rumah kayu Malang atau biasa disebut rumah pohon Malang terbuat dari kayu pada selurluh bagian rumahnya. Pada bagian atap rumah ditutupi dengan ijuk hitam.

(Gambar 46)

Sumber: meramuda.com

Rumah kayu ini diterangi dengan lambu berwarna kuning sehingga terlihat teduh pada malam hari. Dari atas rumah kayu ini kamu dapat menikmati keindahan Kota Batu.

(Gambar 47)

Sumber: katalogwisata.com

Rumah kayu Bandung yang satu ini merupakan rumah kayu organik yang terletak di Lembang, Jawa Barat atau lebih tepatnya lagi berada di Jalan Kolonel Masturi, kampung Pohok Tengah, Desa Cikahuripan Lembang. Rumah kayu ini memang disewakan untuk penginapan bagi para wisatawan yang berwisata di Lembang.

(Gambar 48)

Sumber: sewavilla.net

Konsep tradisional atau etnik khas nusantara yang disajikan di rumah kayu ini menjadi keunikan tersendiri bagi penginapan yang satu ini. Perabotan pada bagian luar dan dalam rumah kayu didominasi oleh kayu jati sehingga menciptakan nuansa alami.

(Gambar 49)

Sumber: sewavilla.net

Lingkungan sekitar rumah kayu memang berada di alam terbuka hijau sehingga semakin menimbulkan kesan alami dan asri. Terdapat beberapa tipe rumah kayu yang tersedia, misalnya tipe rumah kayu joglo di atas.

(Gambar 50)

Sumber: inforumahbagus.com

Sekarang ini desain rumah kayu jepang tidak hanya diminati oleh masyarakat Jepang tapi juga mulai diminati oleh masyarakat Indonesia. Konsep desain rumah kayu jepang ini menggabungkan unsur kesederhanaan, unsur budaya Jepang, dan unsur alam.

(Gambar 51)

Sumber: popeti.com

Karena orang Jepang menyukai alam, maka tak heran jika di depan rumah terdapat taman seperti rumah yang satu ini. Furniture rumah kayu Jepang biasanya juga menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu, bambu, dan batu.

(Gambar 52)

Sumber: clomidid.com

Selain di halaman depan rumah, desain rumah ala Jepang juga memiliki taman di bagian dalam rumah. Taman yan dilengkapi dengan kolam ikan seperti di atas membuat suasana rumah semakin menenangkan.

(Gambar 53)

Sumber: desainraya.com

Rumah kayu yang berada di tengah alam terbuka ini tampak berbeda dengan desain rumah pada umumnya. Selain bentuknya yang unik, ornamen yang terdiri dari kumpulan batang kayu di sisi kiri rumah juga terlihat menarik.

(Gambar 54)

Sumber: infowoman.gr

Rumah kayu di atas terlihat sederhana, namun tetap menarik. Didesain berbentuk seperti box yang memanjang membuat rumah ini terlihat tak biasa.

(Gambar 55)

Sumber: rumahminimalisoi.com

Desain rumah kayu yang satu ini terlihat unik dengan terkstur dindingnya seolah-olah terbuat dari batang-batang kayu bulat. Lantai dua rumah ini didesain memiliki balkon dan bagian jendela yang agak timbul pada atapnya.

(Gambar 56)

Sumber: photos.hgtv.com

Teras rumah kayu di atas terlihat cukup luas sehingga dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Tersedia pula dua kursi, satu meja, dan beberapa pot tanaman membuat teras rumah kayu semakin nyaman.

(Gambar 57)

Sumber: renovasi-rumah.net

Rumah kayu yang satu ini memiliki teras kecil dengan konsep terbuka. Di teras rumah hanya terdapat kursi goyang untuk duduk sembari menikmati lingkungan sekitar.

(Gambar 58)

Sumber: inforumahminimaslis.com

Teras rumah ini memang tertutup dan sedikit sempit. Namun, dengan desain dan pemilihan perabit rumah yang tepat membuat teras rumah ini tetap nyaman.

(Gambar 59)

Sumber: rumahjos.com

Pagar rumah kayu ini didesain sederhana. Jangan lupa menggunakan cairan pernis saat finishing pagar kayu yang satu ini agar tampilannya lebih menarik.

(Gambar 60)

Sumber: rumahjos.com

Pagar kayu yang satu ini juga didesain sederhana dengan bagian ujung yang dibuat runcing. Pemasangan bagian-bagian kayu yang dibuat rapat membuat kesan aman pada pagar rumah yang satu ini.

(Gambar 61)

Sumber: desainrumahnya.com

Penggunaan kayu sebagai pagar rumah juga bisa dikombinasikan dengan besi seperti pagar rumah di atas. Kombinasi besi yang dicat hitam dan warna coklat kayu membuat tampilan pagar rumah ini elegan.

Rumah Bambu

Bambu juga dapat dijadikan pilihan material alam untuk membangun rumah. Desain yang tepat akan membuat rumah bambu tampil menarik dengan nilai estetika yang tinggi. Dikutip dari indotrading.com, harga rumah bambu kurang lebih 500 ribu/m3 sampai 1.5 juta/m3.

Pembuatan rumah bambu harus didahului dengan membuat rancangan bangunan seperti denah dan sketsa rumah. Bambu sebagai bahan dasar bangunan juga harus dicari dengan menyesuaikan diameter bambu yang dibutuhkan. Sebaiknya menggunakan bambu yang sudah diawetkan agar rumah lebih tahan lama. Jangan menggunakan paku besi untuk menyusun paku, sebaiknya menggunakan paku pasak dan bor untuk membuat lubang paku. Setelah selesai disusun, sebaiknya bambu dicat dengan menggunakna warna yang tidak merusak warna alami bambu.

(Gambar 62)

Sumber: blog.reservasi.com

Seperti namanya, rumah bambu Bandung terbuat dari anyaman bambu yang disusun menggunakan bambu. Rumah bambu ini merupakan saung untuk wisata kuliner.

(Gambar 63)

Sumber: dusunbambu.com

Rumah bambu yang satu ini terletak di tepi danau. Lingkungan sekitarnya pun sangat asri membuat kamu akan betah berlama-lama di rumah ini.

(Gambar 64)

Sumber: agoda.com

Rumah bambu di atas juga terletak di Bandung atau lebih tepatnya lagi di Cikole, Lembang, Bandung. Desainnya yang unik dengan bagian atap yang besar membuat rumah ini sangat menarik.

(Gambar 65)

Sumber: kintamani.id

Rumah bambu yang satu ini disebut rumah bambu Pengalon terletak di Karangasem, Bali sehingga bisa disebut rumah bambu Bali atau rumah bambu Karangasem. Rumah bambu Pengalon terbuat dari bambu yang disusun tinggi megah.

(Gambar 66)

Sumber: flickr.id

Bagian dalam rumah bambu Karangasem ditanami hamparan rumput hijau tampak sangat menyatu dengan alam. Selain itu, tampak pula pohon-pohon yang menjulang tinggi menembus rangka atap rumah bambu.

(Gambar 67)

Sumber: piknikyok.com

Di bagian depan rumah bambu terdapat pula jembatan yang terbuat dari anyaman bambu. Berlatarbelakang rumah bambu Pengalon, kamu bisa mendapatkan foto yang instagramable di jembatan bambu ini.

(Gambar 68)

Sumber: jualo.com

Rumah bambu yang satu ini terletak di Cikole, Lembang, Bandung. Terletak di tengah-tengah pegunungan, suasana di rumah bambu Lembang sangat asri dengan udara yang sejuk.

(Gambar 69)

Sumber: kumparan.com

Di depan rumah bambu Lembang ini terdapat taman bermain kecil. Jadi rumah bambu yang satu ini sangat cocok untuk menjadi pilihan penginapan bagi kamu yang membawa anak kecil.

(Gambar 70)

Sumber: villachavaminevera.com

Bagian dalam rumah bambu Lembang juga diisi dengan perabotan yang terbuat dari anyaman bambu. Ketika malam di dalam rumah bambu akan terasa hangat, sedangkan di siang hari akan terasa dingin.

(Gambar 71)

Sumber: wiratourjogja.com

Rumah bambu Jogja sangat menarik untuk dikunjungi. Seluruh bagian rumah bambu Jogja dibuat dengan menggunakan anyaman bambu dan rangka bambu.

(Gambar 72)

Sumber: inovasee.com

Pada bagian depan rumah bambu Jogja terdapat teras yang cukup luas dengan 2 bangku yang berada di sudut teras. Empat jendela kaca yang berada di bagian depan mempercantik tampilan rumah.

(Gambar 73)

Sumber: wiratourjogja.com

Berlatarbelakang rumah bambu Jogja yang unik, kamu bisa mendapatkan foto yang instagramable lho. Selain itu, kamu juga bisa berfoto di taman depan rumah bambu Jogja.

(Gambar 74)

Sumber: youtube.com

Rumah bambu merupakan salah satu lagu pada era 80-an yang dinyanyikan oleh Evie Tamala. Pada video klip lagu ini, terdapat desain rumah bambu sederhana seperti gambar di atas.

(Gambar 75)

Sumber: youtube.com

Atap rumah bambu Evie Tamala terbuat dari ijuk. Pada bagian depan rumah ini juga terdapat taman kecil yang membuat rumah ini semakin asri.

(Gambar 76)

Sumber: youtube.com

Pada desain lain rumah bambu Evie Tamala terdapat rumah bambu yang memiliki tangga pada bagian depan rumahnya. Rumah bambu ini terkesan sangat menyatu dengan alam dengan lingkungan sekitar yang dipenuhi tumbuhan.

(Gambar 77)

Sumber: ccirenos.com

Bambu sebagai material alami juga dapat digunakan untuk bahan bangunan rumah selain kayu. Rumah yang satu ini didesain ala Jepang yang mengedepankan unsur alam dalam pembangunan rumah.

(Gambar 78)

Sumber: dirumahku.com

Rumah ala Jepang bisanya memiliki bagian dalam dan teras yang luas. Desain rumah Jepang biasa juga didesain agak naik seperti rumah panggung.

(Gambar 79)

Sumber: rooang.com

Bagian dalam rumah bambu Jepang dapat didesain dengan menggunakan kombinasi bambu dan kayu. Penggunaan dua material alami ini membuat rumah terasa hangat.

(Gambar 80)

Sumber: rumahin.com

Sejak dulu masyarakat Sunda sudah menggunakan bambu sebagai material alami dalam membangun rumah. Seiring berjalannya waktu, desain rumah bambu Sunda mulai berkembang lebih modern seperti desain rumah bambu Sunda di atas.

(Gambar 81)

Sumber: asepnews.com

Tampak sederhana, rumah bambu sunda modern ini terlihat memiliki nilai estetika yang tinggi. Anyaman bambu bermotif pun membuat rumah bambu ini tampil cantik.

(Gambar 82)

Sumber: bangunrumah.com

Rumah bambu yang satu ini tampil beda dengan tidak menggunakan anyaman bambu dalam desain rumahnya. Desain rumah bambu ini menggunakan bambu secara langsung tanppa dianyam sehingga terlihat menarik.

(Gambar 83)

Sumber: dinerbacklot.com

Bambu tidak hanya digunakan sebagai material untuk membangun rumah tradisional, tetapi dapat pula digunakan untuk rumah minimalis modern seperti yang satu ini. Ciri khas bentuk persegi pada rumah minimalis dengan bambu sebagai bahan bangunan utama membuat rumah yang satu ini sangat unik.

(Gambar 84)

Sumber: konstruksirumah.com

Rumah bambu memang biasanya menggunakan bambu pada bagian dinding rumah. Selain itu, bambu juga bisa digunakan sebagai lantai rumah seperti desain rumah bambu yang satu ini.

(Gambar 85)

Sumber: arsindociptakarya.com

Meskipun hanya menggunakan bambu sebagai bahan bangunan dengan desain yang sederhana, rumah bambu minimalis ini tampil elegan. Halaman luas di bagian depan rumah membuat rumah ini terkesan lebih terbuka.

Rumah Pohon

Selain di atas tanah, kamu juga bisa membangun rumah kamu di  atas pohon. Rumah pohon bisa kamu gunakan sebagai tempat tinggal atau hanya sekedar tempat untuk bermain dan bersantai.

(Gambar 86)

Sumber: superadventure.co.id

Rumah pohon yang satu ini berada di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Seluruh bagian rumah pohon ini dibangun dengan menggunakan kayu.

(Gambar 87)

Sumber: liburmulu.com

Rumah pohon batu ini berada di ketinggian 1,340 mdpl, sehingga dari atas rumah pohon kamu bisa menikmati keindahan Kota Batu. Udara yang sejuk dan lingkungan sekitar yang dikelilingi pohon-pohon pinus akan membuat kamu semakin betah berada di atas rumah pohon ini.

(Gambar 88)

Sumber: piknikdong.com

Pada saat malam hari, dari atas rumah pohon ini kamu bisa menikmati keindahan gemerlap lampu di Kota Batu. Udara malam yang terasa dingin akan membuat kamu merasa nyaman.

(Gambar 89)

Sumber: upsocl.com

Rumah pohon yang satu ini terletak di Yogyakarta. Dibangun dengan menggunakan bambu dan kayu, desain rumah ini tampak sangat unik. Rumah pohon ini tak hanya memiliki satu atau dua lantai, tapi memliki 6 lantai sekaligus sehingga kamu akan merasakan berada di atas pohon yang sangat tinggi jika berada di rumah pohon ini.

(Gambar 90)

Sumber: ringgarentcar.com

Rumah pohon dengan konsep restaurant ini menawarkan tempat yang unik, suasana yang berbeda, dan masakan yang lezat. Berbagai kelebihan yang dimiliki rumah pohon Jogja ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk terus mengunjungi tempat ini.

(Gambar 91)

Sumber: kabarwisata.com

Kamu juga bisa mengunjungi rumah pohon Jogja ini pada malam hari. Sembari menikmati makanan yang lezat dan hangat, kamu juga bisa menikmati keindahan gemerlap lampu yang berasal dari Kota Jogja.

(Gambar 92)

Sumber: objekwisatadibali.com

Rumah pohon yang satu ini terletak di Desa Batu Dawa, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali dan terkenal dengan nama Rumah Pohon Karangasem Bali. Rumah pohon ini dibangun dengan menggunakan bambu yang mudah ditemukan di Desa Batu Dawa.

(Gambar 93)

Sumber: kintamani.id

Rumah pohon Karangasem ini menyuguhkan pemandangan yang indah dengan latarbelakang Gunung Agung yang tampak gagah. Dari atas rumah pohon ini kamu dapat berlama-lama menikmati keindahan alam yang tak tertandingi.

(Gambar 94)

Sumber: kintamani.id

Rumah pohon Karangasem yang dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 5 ha ini hanya dapat dinaiki sedikit orang. Karena kapasitasnya yang termasuk kecil dengan jumah pengunjung yang banyak, kamu harus mengantri dulu jika ingin menaiki rumah pohon ini.

(Gambar 95)

Sumber: tribunwisata.com

Rumah pohon yang satu ini terletak di Bekasi, Jawa Barat atau lebih tepatnya lagi di Jalan Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi. Bagi kamu yang ingin berwisata alam, tidak ada salahnya kalau kamu berkunjung ke lokasi wisata keluarga ini. Udaranya yang sejuk dan pemandangan sekitar yang indah akan membuat kamu merasa segar.

(Gambar 96)

Sumber: ayobekasi.com

Seperti rumah pohon pada umumnya, rumah pohon Jatiasih atau rumah pohon Bekasi dibangun di atas pohon dengan menggunakan kayu sebagai bahan bangunan utamanya. Rumah pohon Bekasi memang dibangun dengan menjunjung konsep alami.

(Gambar 97)

Sumber: sportourism.id

Di tempat wisata rumah pohon Bekasi tidak hanya menawarkan fasilitas rumah pohon saja, namun terdapat berbagai fasilitas permainan lainnya. Di sini kamu bisa bermain flying fox, wall climbing, paintball, dan lain sebagainya.

(Gambar 98)

Sumber: cimanggubogor.com

Rumah pohon yang satu ini dikenal dengan nama rumah pohon leo dan terletak di dalam kawasan Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Bogor. Meskipun tidak berdiri di atas pohon asli, namun desain pondasi rumah yang dibuat semirip mungkin dengan pohon membuat rumah ini dijuluki rumah pohon. Di sekitar rumah pohon ini terdapat pohon-pohon rindang yang membuat suasana semakin menyejukkan.

(Gambar 99)

Sumber: zonabikers.com

Rumah pohon unik yang satu ini terlihat begitu unik karena bentuknya yang menyerupai sangkar burung. Terletak di Desa Pabangbon, Leuwiliang, Bogor, rumah pohon yang satu ini bisa menjadi spot berfoto yang instagramable.

(Gambar 100)

Sumber: wahanabogor.com

Rumah Pohon Wangun Jaya di atas terletak di Leuwisadeng, Bogor. Di atas rumah pohon ini kamu dapat menikmati pemandangan pegunungan, pertanian, dan perkebunan sekaligus.

(Gambar 101)

Sumber: pegipegi.com

Rumah pohon yang satu ini terletak di Ciherang, Jonggol, Bogor. Lokasinya yang dekat dengan Curug Ciherang membuat para pengunjung mampir di rumah pohon ini sebelum menjunju lokasi Curug Ciherang.

(Gambar 102)

Sumber: explorewisata.com

Rumah pohon Jonggol dibangun di atas jurang yang cukup curam. Tapi jangan takut, keamanan rumah pohon ini sangat terjamin.

(Gambar 103)

Sumber: brobali.com

Rumah pohon Jonggol dibagun di atas pohon besar dan dihubungkan menggunakan jembatan kayu. Jembatan kayu ini dibangun dengan kayu yang kokoh dan didesain dengan kuat sehingga aman untuk dilewati.

(Gambar 104)

Sumber: archipelagos.id

Taman Safari Indonesia juga memiliki penginapan berupa rumah pohon. Jembatan gantung di rumah pohon safari ini menghubungkan tangga dengan teras.

(Gambar 105)

Sumber: pegipegi.com

Pada bagian bawah rumah pohon safari terdapat garasi mobil. Selain itu, taman kecil dengan beragam tanaman yang indah juga menghiasi bagian bawah rumah pohon ini.

(Gambar 106)

Sumber: pergimulu.com

Terdapat berbagai desain unik rumah pohon yang tersedia di Taman Safari. Sehingga, kamu bisa memilih rumah pohon yang sesuai keinginan kamu.

(Gambar 107)

Sumber: eksplorewisata.com

Rumah pohon yang satu ini berada di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Bogor. Terletak di ketinggian 720 mdpl, rumah pohon Pabangbon sangat cocok menjadi lokasi untuk melihat matahari terbit di pagi hari.

(Gambar 108)

Sumber: cumacuma.org

Rumah pohon Pabangbon dengan konsep terbuka sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam ke berbagai penjuru. Hamparan bukit-bukit dan pepohonan pinus akan memanjakan mata kamu.

(Gambar 109)

Sumber: pegipegi.com

Dilengkapi dengan tangga kayu, kamu dapat dengan mudah berada di atas rumah pohon Pabangbon ini. Di atas rumah pohon, kamu dapat duduk-duduk santai di tempat duduk yang telah tersedia.

(Gambar 110)

Sumber: indonesia.tripcanvas.co

Rumah pohon Taman Dayu dapat kamu kunjungi dengan memakan waktu selama 2 jam dari Kota Surabaya, Terletak di tengah hutan pinus, Rumah pohon Taman Dayu ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat indah dengan udara yang sejuk.

(Gambar 111)

Sumber: gedangsari.com

Rumah pohon yang satu ini hadir dengan kosep menyatu dengan alam. Rumah pohon ini dibangun dengan menggunakan kayu di atas pohon pinus dengan ketinggian kurang lebih 3 meter.

(Gambar 112)

Sumber: indonesia.tripcanvas.co

Rumah pohon Taman Dayu sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur keluarga. Di sini kamu bisa bermain-main dan berfoto-foto dengan puas bersama keluarga tercinta.

(Gambar 113)

Sumber: indonesia.tripcanvas.co

Taman Buru Gunung  Masigit Kareumbi terletak di tiga wilayah yaitu Bandung, Garut, dan Sumedang. Di wilayah taman buru ini terdapat Rumah pohon Bandung yang dibangun dengan konsep natural.

(Gambar 114)

Sumber: indonesia.tripcanvas.co

Rumah pohon Bandung terletak di tengah hutan dan menyuguhkan suasana alami yang menyegarkan. Rumah pohon ini dibangun dengan menggunakan kayu sebagai bahan bangunan yang mudah didapatkan.

(Gambar 115)

Sumber: cekajah.com

Desainnya yang menarik dan unik, serta lingkungan yang masih sangat asri membuat lokasi ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Di sini liburan kamu dan keluarga pasti akan menyenangkan.

Rumah Apung

Rumah tak hanya bisa dibangun di atas tanah, namun bisa mengapung di atas air. Rumah seperti ini biasa disebut rumah apung. Konsep rumah apung yang saat ini menjadi salah satu topik yang sering dibahas sebagai salah satu konsep rumah yang sesuai dengan negara Indonesia yang terdiri dari 2/3 lautan.

Konstruksi rumah apung memang berbeda dengan rumah pada umumnya sehingga harus menggunakan bahan bangunan yang berbeda pula. Beberapa material yang digunakan untuk membangun rumah apung antara lain plat beton berongga kedap air, bambu, drum plastik, dan lain sebagainya. Jenis material yang digunakan harus tahan terhadap air asin, tidak berkarat, tidak mudah rusak, awet, dan sanggup menahan beban bangunan.

(Gambar 116)

Sumber: flickr.com

Rumah apung yang satu ini berada di daerah Bangsring Wonorejo, Banyuwangi sehingga sering disebut rumah apung bangsring atau rumah apung Banyuwangi. Rumah apung ini terdiri dari empat rumah yang tersusun memanjang dilengkapi dengan bak penampungan air bersih di bagian belakang rumah.

(Gambar 117)

Sumber: pinterest.com

Di rumah apung banyuwangi juga terdapat tambak untuk tempat budidaya kerapa. Jenis kerapu yang dibudidayakan disini berupa kerapa macan, kerapu cantik, dan kerapu tukis.

(Gambar 118)

Sumber: sportourism.id

Keunikan rumah apung bangsring membuat kawasan di sekirar rumah ini menjadi tempat wisata bagi wisatawan domestik bahkan wisatawan mancanegara. Wisata bahari yang ditawarkan mulai dari snorkeling hingga olahraga air.

(Gambar 119)

Sumber: liburananak.com

Rumah apung Sentul yang terletak di Kabupaten Bogor ini dikenal dengan nama rumah apung Ah Poong. Desainnya yang unik dengan konsep wisata air dan wisata kuliner membuat rumah apung ini menjadi pilihan lokasi berwisata untuk keluarga.

(Gambar 120)

Sumber: moeslema.com

Rumah apung Sentul hadir dengan konsep restaurant terbuka dan menggabungkan pemandangan indah pegunungan serta aliran air Sungai Cikeas. Tidak hanya menghadirkan berbagai wisata kuliner, di rumah apung ini kamu bisa menikmati beberapa atraksi perahu.

(Gambar 121)

Sumber: tujuhrupa.com

Di Rumah apung Sentul ini kamu juga bisa menaiki perahu atau sampan kayu yang disewakan di sana. Kamu akan diajak berkeliling di danau dan di aliran Sungai Cikeas.

Rumah Gurita

(Gambar  122)

Sumber: forum.rumah123.com

Bangunan rumah ini disebut sebagai “Rumah Gurita” karena memiliki patung gurita berukuran sangat besar pada bagian atapnya. Patung gurita ini terlihat menyerupai gurita asli dengan kepala yang menggelembung dan tentakel-tentakel yang menggeliat memeluk atap rumah. Gayanya yang cukup unik dan aneh ini membuat rumah ini terkenal dan menjadi bahan pembicaraan beberapa media massa.

Rumah gurita yang terletak di Jalan Terusan Sukadamai 1 No.6 , Sukajadi, Bandung merupakan rumah hunian seorang pecinta seni, Frans. Sedangkan patung gurita di atasnya merupakan hasil kreasi mahasiswa ITB.

(Gambar 123)

Sumber: netralnews.com

Perlu kamu ketahui, rumah gurita ini terkenal angker. Mungkin selain karena adanya patung gurita raksasa berwarna hitam legam, cat putih rumah yang mulai memudar membuat penampakan rumah ini seram. Isu yang beredar bahkan menyebutkan bahwa rumah gurita digunakan sebagai lokasi pemujaan setan. Karena terkenal sebagai rumah angker, rumah gurita ini bahkan pernah diangkat menjadi film horror pada tahun 2014 silam.

(Gambar 124)

Sumber: yukepo.com

Rumah Klasik

Selain rumah dengan desain minimalis, rumah bergaya klasik juga masih digemari masyarakat Rumah dengan desain klasik memberikan kesan nyaman dan hangat serta modern dan elegan.

(Gambar 125)

Sumber: renovasi-rumah.net

Model rumah klasik yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang menginginkan rumah kecil namun tetap terlihat elegan. Pemilihan warna krem dengan perpaduan putih membuat rumah ini terlihat nyaman untuk dihuni.

(Gambar 126)

Sumber: soffar.id

Rumah klasik yang satu ini mengkombinasikan warna coklat muda hingga coklat muda untuk warna cat dindingnya. Bagian atap rumah yang berbentuk segitiga memang identik dengan karakteristik rumah klasik.

(Gambar 127)

Sumber: gambarfurniturekeren.com

Rumah yang satu ini ditopang oleh tiang-tiang penyangga yang berdiri kokok pada bagian depan rumah. Adanya ukiran dan corak pada bagian atas rumah yang mengelilingi rumah ini tentunya menambah kesan klasik.

(Gambar 128)

Sumber: renovsi-rumah.net

Rumah dengan dua lantai ini memiliki desain klasik modern dengan beberapa tiang penyangga pada bagian depannya. Tangga dan teras kecil pada bagian depan rumah rumah ini tampak elegan. Pada bagian atasnya terdapat segitiga-segitiga yang agak menonjol membuat rumah ini semakin terlihat menarik.

(Gambar 129)

Sumber: Sigiarchitect.com

Model rumah klasik yang satu ini hadir dengan desain jendela yang menarik pada lantai dua. Pencahayaan dari dalam rumah menjadi terlihat indah jika dilihat dari luar rumah.

(Gambar 130)

Sumber: bangunrumahsolo.com

Rumah di atas merupakan model rumah klasik yang yang tampil menenangkan. Penggunaan kayu pada bagian jendela, gerbang, dan balkon rumah ini membuat rumah ini terkesan ramah linkungan.

(Gambar 131)

Sumber: renovasi-rumah

Model rumah klasik ini tampak sangat mewah dengan bangunan yang tinggi serta tiang-tiang penyangga berhiaskan lampu. Pada bagian depan rumah ini terdapat taman kecil yang membuat rumah ini tampak asri.

(Gambar 135)

Sumber: tipedesainrumah.com

Rumah berlantai dua ini dibangun dengan desain klasik dan elegan. Adanya ukiran-ukiran pada bagian balkon dan depan pintu rumah ini membuat rumah tampak cantik.

(Gambar 133)

Sumber: arsitag.com

Berdiri dengan 4 pilar kokoh sebagai penyangganya, rumah bergaya klasik ini tampak sangat mewah. Pada bagian pangkal dan ujung pilar dilengkapi dengan ukiran yang sedikit rumit.

(Gambar 134)

Sumber: renovasi-rumah.com

Rumah berlantai 1 ini bergaya klasik minimalis dengan bagian penampakannya yang sederhana namun tetap elegan. Kayu sebagai tambahan bahan bangunan rumah ini membuat rumah memiliki kesan hangat.

(Gambar 135)

Sumber: desain-minimalis.com

Rumah yang didominasi oleh warna putih dan hijau sangat elegan dan terliat ramah lingkungan. Kayu sebagai bahan bangunan yang mendominasi membuat rumah ini tampak nyaman untuk dihuni.

(Gambar 136)

Sumber: arsitag.com

Rumah klasik bergaya minimalis ini tampak sangat sederhana dengan bangunan rumah yang unik. Warna putih pda dindingnya dan warna abu-abu pada bagian atapnya membuat rumah ini tampak elegan.

(Gambar 137)

Sumber: desainrumahterbaik.org

Desain rumah klasik satu ini sangat identik dengan buadaya Jawa terlebih pada bagian atap rumah menggunakan genteng tanah liat dan terdapat hiasan pada ujung-ujung atap rumahnya. Penggunaan lampu dengan gaya klasik pada bagian teras rumah membuat rumah ini tampil semakin unik.

(Gambar 138)

Sumber: infobisnisproperti.com

Desain rumah klasik Jawa yang satu ini menggunakan kayu sebagai bahan utama bangunannya. Desain rumah sederhana ini menggunakan kaca tinggi dan lebar untuk bagian pintu dan jendela sehingga membuat rumah ini tampak modern.

(Gambar 139)

Sumber: jasadesaininterior.net

Desain atap rumah di atas sangat identik dengan model atap rumah joglo khas Jawa. Perpaduan gaya modern pada bagunan rumah klasik ini membuat rumah ini cocok untuk desain rumah masa kini.

(Gambar 140)

Sumber: designrumah.co.id

Rumah yang satu ini hadir dengan gaya klasik modern khas Eropa. Pada lantai dua terdapat balkon yang didesain unik meambah kesan elegan pada rumah ini. Di bagian depan rumah juga terdapat pot-pot tanaman yang memiliki desain tak biasa.

(Gambar 141)

Sumber: infobisnisproperti.com

Model rumah klasik Eropa di atas didesan dengan cukup mewah. Dinding dengan tekstur batu bata dan warna merah bata yang khas membuat rumah ini tampak elegan. Bagian atas rumah ini didesain cukup rumit khas desain rumah Eropa.

(Gambar 142)

Sumber: senaterace2012.com

Bentuk rumah yang satu ini terlihat menarik dengan bagian atasnya yang memiliki desain tidak biasa. Rumah modern klasik khas Eropa yang satu ini juga memiliki taman kecil sederhana pada bagian depannya.

Nah, itu dia informasi tentang rumah unik, rumah kayu, rumah bambu, rumah pohon, rumah apung, rumah gurita, dan rumah klasik. Semoga menambah wawasan kamu dan mengisnspirasi ya!

Leave a Comment