Desain Interior Rumah

Desain Interior Rumah

Memiliki rumah sendiri adalah prestasi. Untuk kamu yang masih sedang menabung untuk membeli rumah, ingin segera berinvestasi untuk memiliki rumah, akan membeli atau membangun rumah, atau sekedar tertarik pada arsitektur, kamu wajib tahu nih segala seluk-beluk tentang rumah. Termasuk, desain interior rumah.

Desain interior rumah begitu penting sebab rumah adalah tempat untuk berpulang dan tinggal. Menciptakan desain interior rumah yang nyaman begitu esensial karena kenyamanan adalah kunci. Mendengar kata "desain interior rumah" tidak perlu membayangkan yang muluk-muluk.  Tidak hanya rumah besar yang bisa dipercantik interiornya, rumah yang kecil dan sempit pun bisa kok interiornya didesain seperti yang kamu mau.

Konsep Desain Interior

Desain interior pada dasarnya adalah sebuah perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam di dalam bangunan. Kamu boleh mempercayakan desain interior rumahmu pada desainer, atau mendesain sendiri semau kamu.

Kamu perlu mengetahui konsep desain interior karena bekal pengalaman dengan melihat-lihat rumah tetangga saja tidak cukup. Kamu harus memiliki pengetahuan, atau setidaknya wawasan, tentang desain interior jika kamu ingin mendesain rumahmu sendiri.

Dalam buku Teori Interior (2014), Wicaksono dan Tisnawati mengatakan beberapa tujuan dari desain interior adalah untuk memperbaiki fungsi, memperkaya nilai estetika, dan meningkatkan aspek psikologis dari sebuah ruangan. Tujuan sederhananya, mengelola desain interior adalah agar kamu dan keluarga bisa betah di rumah.

Untuk dapat mendesain interior rumah dengan baik, kamu perlu memperhatikan berbagai aspek sebagai berikut:

1. Luas rumah dan ruang

Seberapa luas rumah dan ruang dalam rumah kamu? Besar, sedang, atau kecil? Ini adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan. Dimensi ukuran dan jumlah penghuni harus memiliki perbandingan yang ideal, agar anggota keluarga memiliki ruang gerak yang cukup untuk beraktivitas.

Kamu bisa eksplorasi dengan bentuk dan warna dalam mendesain interior terkait ruang. Contohnya, ada warna-warna cerah seperti putih dan kuning yang bisa membuat rumah tampak lebih lebar meskipun ruangannya kecil.

2. Pengaturan ruang berdasarkan bentuk rumah

Menata ruang sesuai bentuk dan fungsi. Dengan mengetahui ini, harusnya kamu bisa menentukan desain interior dengan tepat. Penataan ruang ini sangat basis, seperti penempatan jendela dan pintu yang dapat dilihat dari pencahayaan dan sirkulasi udara.

3. Elemen dasar desain interior

Tiga elemen dasar dalam desain interior adalah dinding, plafon, dan lantai. Dinding posisinya di tengah sebagai pembatas, pembentuk, dan mengililingi ruang. Plafon posisinya di atas sebagai penutup ruang. Serta lantai, posisinya di bawah sebagai alas dari ruang. Ini terdengar teoritis, tapi kalau kamu berdiskusi pada arsitektur ternama, kamu juga akan dibekali pengetahuan dasar ini lho!

4. Material yang akan digunakan

Penentuan material ini memiliki peran besar untuk menentukan cantik tidaknya rancangan interior rumah. Hal ini sangat berpengaruh pada tampilan visual ruang dan kenyamanan penghuninya.

Bahan apa yang akan kamu gunakan untuk membangun rumah, apakah keramik atau kayu. Tekstur atau polanya seperti apa, apakah cocok dengan aspek-aspek lainnya, dan warna apa yang paling tepat untuk mempercantik bagian dalam rumahmu. Ditinjau dari aspek psikologis, warna ini dapat menentukan emosi penghuni rumah. Jadi, jangan sampai salah pilh ya!

5. Pencahayaan ruang

Intensitas cahaya yang masuk akan memengaruhi karakter ruang. Kamu harus tahu sebaiknya ruangan A lebih baik cahaya terang, redup, atau gelap. Ruangan B bagaimana, ruangan C, dan seterusnya. Posisi rumah, tentu sangat berkaitan dengan pencahayaan ruang.

6. Furnitur yang dibutuhkan

Aspek-aspek tambahan yang akan memperelok desain interior harus dapat dipadukan dengan furnitur utama yang merupakan kebutuhanmu. Misalnya, hiasan dinding harus cocok dan senada dengan furnitur utama seperti meja dan kursi. Bahkan ketika kamu memiliki konsep abstrak dan full-colour sekalipun, bukan berarti antar furnitur tidak saling berkaitan ya.

7. Biaya atau budget yang dimiliki

Merancang desain interior tentunya harus sesuai budget. Tidak perlu memaksakan beli barang-barang mahal untuk mempercantik rumah selama kamu bisa merasa nyaman dengan barang-barang yang sederhana. Ingat, desain interior itu dirancang untuk semua bentuk rumah. Mau rumah besar, rumah mungil, semua bisa dipercantik interiornya.

8. Selera dan kreativitas

Kami sengaja meletakkan aspek ini pada yang paling bawah bukan berarti tidak penting. Selera harus kamu harus bagus, tidak harus mahal. Sering-seringlah melihat contoh desain interior yang bagus, dari situ seleramu akan tercipta. Kreativitas dan jiwa seni merancang rumah juga akan tumbuh. Perkaya kreativitasmu dalam perancangan ini, jangan sampai bosan dengan rumahmu karena kamu akan tinggal dalam rumah pada waktu yang sangat lama. Intinya, merancang desain interior rumah berarti menciptakan iklim rumah yang nyaman.

Desain Interior Rumah Minimalis

Era ini, sudah mulai banyak peminat rumah minimalis. Meskipun ukurannya besar, tapi dirancang seminimalis mungkin. Memang, tidak jarang pula yang masih minat dengan desain-desain mewah ala istana. Namun rumah minimalis makin memikat minat khususnya kaum milenial.

Berikut adalah contoh-contoh desain interior rumah minimalis dalam denah. Kami sajikan dengan dua kategori, yakni rumah dengan satu lantai atau rumah dengan dua lantai.

★ 1 Lantai


Desain Interior Rumah 1 Lantai

Kamar tidur bersebelahan. Ruang tamu dibuat lebih luas. Setiap ruang diberi sekat-sekat yang jelas.

Desain Interior Rumah 1 Lantai

Bentuk rumah seperti ini termasuk luas. Kamu bisa memiliki teras dan memberinya ruang keluarga tambahan.

Desain Interior Rumah 1 Lantai

Rumah dengan tiga kamar bisa didesain seperti ini. Ruang keluarga di pojok. Beserta ruang lebih untuk taman.

Gambar

Bentuk rumah memanjang. Rumah minimalis dengan pilihan warna abu-abu yang netral.

Gambar

Bentuknya cukup unik. Luas rumah bisa kamu gunakan untuk mendesain interior rumah dengan beberapa tanaman.

★ 2 Lantai

Desain Interior Rumah 2 Lantai

Rumah dua lantai seperti ini cocok untuk pengantin baru yang memiliki satu anak. Pilihan warnanya memberi kesan dingin dan sederhana.


  1. Bentuknya tidak neko-neko. Persegi yang lebih panjang di atas. Bisa kamu gunakan untuk tiga kamar yang dibagi pada lantai satu dan dua.
  2. Ini cocok untuk kamu yang suka privasi. Dua kamar sengaja diletakkan di lantai dua, sementara di lantai satu khusus ruang publik.
  3. Bentuk antar ruang cukup unik, tapi tetap terlihat simetris. Warna hitam, tidak kaku, dan tetap memerhatikan aspek keindahan.
  4. Tempat tidur tingkat bisa kamu jadikan pilihan kalau luas rumahmu tidak besar. Desain interior yang unik, dengan warna-warna urban.

Desain Interior Ruang Tamu

Rangkuman dari keseluruhan desain interior rumah kamu terletak pada ruang tamu. Ruang tamu idealnya terletak di depan. Dengan begitu, otomatis desain interior ruang tamu akan menjadi pandangan atau kesan pertama dari penghuni rumah maupun tamu yang berkunjung. Caramu merancang interior rumah lebih kurang dapat terlihat dari caramu mendesain ruang tamu.

★ Mewah

  1. Biru, mocca, dan putih jika dipadukan bisa membawa kesan mewah. Lengkapi dengan meja kaca dan lampu hias berbahan kaca pula.
  2. Ruang tamu yang besar ini terlihat mewah meskipun agak kosong. Gordon putih panjang terurai membawa kesan cantik dan berkelas.
  3. Rumah berdinding kaca. Rumah mewah seperti ini sedang digeluti para artis, sofa yang besar dan panjang dapat menampung keluarga besarmu.
  4. Bak di sinetron-sinetron India, rumah mewah seperti ini biasanya dimiliki oleh para pesohor atau petinggi negara. Warna cokelat tua tidak hanya membawa kesan mewah, tapi juga hangat.
  5. Kursi dengan corak seperti ini selalu mengesankan mewah. Paduan warna emas serta putih, tidak pernah jauh dari kemewahan.

★ Modern

  1. Meletakkan TV di ruang tamu, kenapa tidak? Ruang tamu seperti ini bisa sekaligus menjadi ruang keluarga. Pilihan warna hitam dan tata letaknya sangat rapi dan modern.
  2. Minimalis! Warna-warna dasar yang dipilih tidak gagal mengesankan modern dan kekinian. Kamu tetap bisa mempercantiknya dengan bantal berselimut merah polos atau warna terang lainnya.
  3. Cukup modern, aksen kayu yang dipakai di kusen serta pintu. Dibarengi dengan warna cokelat mocca, semakin mengesankan modern dan hangat.
  4. Menggunakan warna putih sebagai dasar dan mayoritas warna desain interior ruang tamu memang sedikit riskan. Desain seperti ini bisa digunakan kalau si kecil bisa kamu ajak berkompromi ya!
  5. Sofa besar untuk tamu dan sofa kecil untuk pemilik rumah. Meja beralas karpet. Corak abu-abu ditambah hiasan-hiasan meja berbahan kaca. Hm, kekinian!

★ Sederhana

  1. Untuk ruang tamu sederhana, kamu bisa memilih furnitur dengan material kayu seperti ini. Tidak neko-neko, biasa, tapi juga tidak kampungan.
  2. Masih di desain interior ruang tamu yang keluarga. Furnitur anyaman bambu mampu membawa kesederhanaan itu beserta nuansa klasiknya.
  3. Ini sering kita jumpai di kebanyakan rumah di Indonesia. Standar, sederhana, dan cantik.
  4. Tidak harus pakai kursi, ruang tamu juga boleh kok lesehan. Tambahkan bantal duduk seperti ini agar terlihat sederhana, tapi berkelas.
  5. Ruang tamu sederhana dengan luas rumah yang cukup besar bisa seperti ini. Tamunya bisa orang banyak. Pilihan warna maroon sepertinya boleh juga.

Desain Interior Ruang Keluarga

Sediakan upaya yang lebih untuk merancang desain interior ruang keluarga. Ruang keluarga adalah tempat berkumpul. Usahakan ini didesain senyaman mungkin. Tempat kamu dan seluruh anggota keluarga bersantai. Hadirkan cuaca ruang yang enak layaknya untuk ruang publik seperti mengobrol, mungkin juga makan, atau menonton tv.

★ Mewah

  1. Sofa-sofa ditata mengelilingi meja. Penggunaan warna emas mendominasi. Mewah sih, tapi desain interior ruang keluarga seperti ini agaknya sedikit kaku.
  2. Ini seperti di istana. Ruang keluarga tapi seperti ruang makan. Warna putih, mengkilap, dipadu dengan cokelat muda mengesankan kemewahan.
  3. Seperti di film-film Hollywood, ruang keluarga seperti ini cocok untuk keluarga cendana. Ditambah piano di ujung, sangat mengesankan kemewahan.
  4. Rumah berdesain Eropa. Ruang keluarga dengan sofa berhadapan dipisah dengan meja kaca. Lengkap dengan tungku apinya.
  5. Ini ruang keluarga yang mewah dan luwes. Kamu bisa duduk di sofa, atau karpet. Terserah, asal jangan lupa untuk membuka semua gordon atau menutup semuanya untuk kesan cantik dalam ruang ya.

★ Modern

  1. Ruang keluarga yang modern. Kalau kamu dan keluarga suka membaca buku, ini bisa jadi inspirasimu.
  2. Lebih modern, lebih luwes, dengan warna-warna kekinian. Buku-buku sebagai dinding. Siapa yang tak ingin?
  3. Ruang keluarga tentunya adalah tempat berkumpulnya keluarga. Ganti tv dengan meja billiard. Manfaatkan waktu keluarga sebaik-baiknya!
  4. Meja berbahan kayu persegi panjang ini sedang naik daun. Cocok dipakai di dapur maupun di ruang keluarga seperti ini.
  5. Ini warnanya anak muda banget! Kalau kamu pasutri baru dan sedang berencana mendesain interior ruang keluarga, boleh lho kalau pakai warna-warna favorit.

★ Sederhana

  1. Sederhana dengan sofa motif polos dan karpet anyaman kayu. Memang sederhana, tapi terlihat sangat kosong.
  2. Ruang keluarga yang sangat santai, beralaskan karpet dan persediaan bantal untuk jaga-jaga. Iya, jaga-jaga bila ada yang ketiduran.
  3. Terinspirasi dari rumah-rumah sederhana di China. Bentuk sofa yang seperti ini sangat unik. Pilihan hiasan dinding berbahan kayu juga menambah kesan sederhana.
  4. Kalau rumahmu tidak terlalu besar, kamu bisa memilih kasur lipat sebagai pengganti sofa. Rapikan barang-barang dengan laci dinding seperti ini. Praktis dan sederhana.
  5. Sederhana dan vintage. Lihat pilihan lampu ruangannya, sangat unik. Sofa yang sekaligus seperti kasur. Membuat sekeluarga nyaman berada di sini.

Desain Interior Kamar Tidur

Kalau boleh memberi saran, hadirkan desain interior kamar tidur yang hangat dan nyaman untuk beristirahat. Mungkin setiap orang nantinya akan mendekorasi ulang tatanan kamar tidurnya, namun dasarnya kamu harus menciptakan desain kamar tidur yang enak. Dengan pencahayaan yang bagus dan sirkulasi udara yang baik.

★ Mewah

  1. Corak warna cokelat tua kehijauan dipadu mocca. TV depan spring bed. Menambah kenyamanan dan kemewahan kamar tidur.
  2. Tempat tidur dengan motif bergelombang selalu mengesankan mewah. Cahaya kamar tidak tanggung-tanggung, didapat dari jendela full kaca di dinding luar. Ditutup dengan tirai mewah.
  3. Interior kamar mewah seperti hotel bintang lima. Jangan lupa memilih lampu-lampu kamar tidur dengan warna hangat ya.
  4. Kamar tidur seperti ini, mirip di film-film fairy tale. Kamu boleh banget mendesain mewah seperti ini. Sertakan sofa dan meja untuk menambah kesan nyaman selagi di kamar tidur.
  5. Luar biasa mewahnya, kamar tidur dengan warna putih dan emas terang. Berhias lampu tidur mewah di kanan kiri. Kamu kah pemilik kamar tidur mewah ini?

★ Modern

  1. Kamar tidur modern seperti ini biasanya kita jumpai di apartemen. Bentuk tempat tidur yang unik. Biasanya, para pria yang suka dengan warna-warna seperti ini.
  2. Wah! Keren banget desain interior seperti ini. Tapi awas, sepertinya kalau cuaca lagi panas bakal kepanasan banget. Keren, kekinian, dan unik.
  3. Untuk kamu yang suka hidup sederhana tapi modern, desain interior kamar seperti ini bisa dijadikan inspirasi. Formal, mengesankan pemilik yang praktis dengan mobilitas tinggi.
  4. Siapa bilang konsep modern tidak boleh memakai banyak lampu gantung sebagai pendukung cantiknya ruangan? Kamu boleh memadukan mewah dan sederhana seperti ini. Jatuhnya modern dan estetik.
  5. Tipikal yang santai dan easy-going, kamu bisa memilih desain interior kamar seperti ini. Tidak perlu kasur tingkat, kasur dengan dipan, atau spring-bed, cukup kasur beralas karpet. Kekinian, bukan?

★ Sederhana

  1. Sederhana, tidak banyak barang. Atau, barang-barang yang ada masukkan ke dalam laci dan pilih yang material kayu. Atur seperti ini agar terkesan luas.
  2. Sederhana dan modern, lampu tidur letakkan di pojok. Gunakan lantai bahan marmer dan furnitur warna hitam. Sederhana, tidak neko-neko.
  3. Ranjang seperti ini bukankah mengingatkanmu pada desain jaman dulu? Bisa kok tetap dipakai atau dengan desain ulang yang lebih modern. Pajangan dinding, pajangan words-box juga bisa kamu padukan untuk menambah kesan klasik.
  4. Mirip di kamar-kamar hotel ketimuran yang sederhana tapi tetap mengedepankan kesan nyaman. Pilihan tempat tidur seperti ini bisa coba kamu terapkan.
  5. Ini cocok untuk kamu yang masih single atau kamar anak. Multifungsi, sederhana, dan bisa diterapkan untuk kamar dengan luas yang sedang sampai kecil.

Desain Interior Dapur

Untuk desain interior dapur, yang penting adalah sirkulasi udara. Karakter dapur adalah 'gado-gado'. Kadang berasap, bisa pula berapi kalau sedang bakar-bakar, panas, hangat, atau dngin.

Oleh arsitek, dapur biasanya terletak di bagian belakang rumah, dekat dengan halaman. Dari dapur biasanya tercipta banyak sampah, jadi yang hal yang paling penting kalau mendesain interior dapur adalah sebisa mungkin tidak lembab, apalagi pengap.

★ Mewah

  1. Kamu suka masak dan ada budget lebih untuk memfasilitasinya? Desain dapurmu dengan mewah seperti ini. Mulai dari kompor, oven, microwave, tersedia dan paten semuanya.
  2. Ini dapur rapi banget. Mewah tapi juga sederhana. Warna silver dengan jumlah laci yang cukup banyak membuat dapur ini nampak lengkap.
  3. Dapur sekaligus tempat makan. Mejanya berbahan marmer. Lengkapi dengan lampu gantung di atas meja makan.
  4. Pemilihan warna putih tulang untuk furnitur dapur juga mengesankan kemewahan. Pastikan kamu suka memasak, sebab sayang sekali kalau dapur seperti ini jarang digunakan.
  5. Ini juga termasuk dapur yang lengkap dan mewah. Meja makan berbahan kaca dan menyatu dengan dapur. Sangat futuristik.

★ Modern

  1. Konsep modern bisa diterapkan dengan dapur minimalis namun lengkap seperti ini. Perabotan pola L, membuatmu betah memasak.
  2. Mirip dengan sebelumnya, penataan yang minimalis ini tampak cantik dan modern.
  3. Kalau kamu punya ruang besar untuk dapur, kenapa tidak dimaksimalkan? Maksimalkan dapur sekaligus ruang makan dengan material kayu seperti ini.
  4. Masih dengan material kayu yang selalu sukses membawa kesan minimalis modern. Lihat kursi-kursinya, cantik bukan?
  5. Ini bisa mewah, sederhana, dan minimalis. Dapur disertai tv datar yang tepat di depan meja makan. Hadirkan suasana makan dan memasak yang berkesan dan nyaman.

★ Sederhana

  1. Tidak masalah jika ruangan dapurmu kecil, asalkan pemilihan furnitur dan perancangan desain interior rapi seperti ini.
  2. Cukup sederhana dan modern. Pola L pada ruang masak, kompor diletakkan di atas tidak paten. Cocok untuk kamu yang suka hidup santai.
  3. Ini impian ibu-ibu kebanyakan nih. Nuansa putih membuat dapur ini tampak bersih dan luas.
  4. Ruang dapur hanya sepetak, tapi jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan perabotan multifungsi seperti ini.
  5. Sederhana tapi bisa lengkap. Letakkan piring, sendok, dan gelas di dalam laci seperti ini. Wastafel, microwave, dengan laci-laci bawah untuk peletakkan kitchen set lainnya.

Desain Interior Kamar Mandi

Dingin. Mungkin satu kata itu yang bisa kamu pegang untuk mendesain interior kamar mandi. Furnitur kamar mandi tentunya bisa kamu sesuaikan dengan ukuran atau luas kamar mandi. Lebih lengkapnya, kamu bisa melihat pada contoh-contoh berikut.

★ Mewah

  1. Pernak-pernik emas di mana-mana. Bahan marmer. Bathtub, kloset, dan wastafel di satu tempat yang besar. Kemewahan mana lagi yang kamu dustakan?
  2. Ethanol fireplace dalam kamar mandi. Ini adalah tipikal kamar mandi yang kurang cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia. Namun kalau kamu mau mencobanya, silahkan.
  3. Ruangan kamar mandi ini sangat besar. Letaknya di lantai atas. Bak yang ada di hotel bintang lima. Kamar mandi mewah ini cocok untuk kamu yang punya apartemen mewah.
  4. Mewah dan modern, kamu bisa berkreasi dengan bentuk bathtub yang tidak biasa ini.
  5. Tiang-tiang di kanan kiri membuat kamar mandi ini tampak mewah dan old-style. Ditambah pajangan foto-foto berpigura, rasanya memang pemilik kamar mandi ini sengaja memberikan kesan klasik.

★ Modern

  1. Tanpa bathtub, kamar mandi ini memiliki luas ruang yang tidak terlalu besar tapi penataan yang ideal sehingga membuatnya tampak luas. Sangat inspiratif untuk kamu yang suka desain interior modern.
  2. Modern dan komplit, pemilihan corak keramik yang dipasang di dalam kamar mandi ini cukup sederhana dan minimalis.
  3. Tipikal kamar mandi seperti ini biasa kita temui di hotel. Shower dengan sekat kaca. Sangat minimalis tapi sudah mencakup seluruh kebutuhan untuk mandi.
  4. Kalau ini, cocok untuk kamar mandi keluarga. Ada mesin cuci yang dipasang paten di bagian bawah dekat wastafel. Ini adalah desain yang ideal, modern, dan sangat inspiratif.
  5. Dalam merancang desain interior kamar mandi modern, kamu juga harus tetap mengedepankan estetika seperti ini.

★ Sederhana

  1. Untuk kamar mandi sederhana, biasanya tidak perlu bathtub. Ada yang masih menggunakan bak mandi seperti ini, ada pula yang sudah meninggalkan bak mandi. Kamar mandi dengan ukuran square cocok didesain seperti ini.
  2. Kamar mandi seperti ini tergolong sederhana karena ukurannya yang kecil, namun tetap bisa dimaksimalkan dengan pengadaan bathtub. Tertarik untuk mendesain seperti ini?
  3. Interior kamar mandi perumahan tengah kota biasanya menggunakan desain ini. Kecil, tapi lengkap dengan kloset dan shower.
  4. Sisi estetika sangat terlihat dengan bagian pemilihan keramik warna-warni untuk lantai. Membuatnya nampak luas, bukan?
  5. Kalau yang ini, pemilihan corak warnanya sangat bagus. Netral dan berkelas.

Desain Interior Tangga Rumah

Tidak semua rumah akan ada tangganya. Untuk ini, khusus untuk rumah yang berlantai dua atau lebih ya. Desain tangga rumah ini biasanya akan sangat dipengaruhi dengan selera. Namun jangan hanya mengedepankan selera, kamu bisa mempertimbangkan aspek-aspek lain yang sudah kami sebutkan di awal.

★ Mewah

  1. Rumah mewah dan ruangan yang besar, cocok dilengkapi dengan tangga rumah yang mewah yang pembatas tangganya dipercantik dengan ornamen seperti ini.
  2. Kenapa harus satu tangga kalau bisa dua? Ini jelas ingin menampakkan kesan mewah dan mahal.
  3. Tangga yang meliuk seperti ini dengan anak tangga yang banyak dan panjang mengesankan kemewahan. Rasanya, lebih jauh ya menaiki dan menuruni tangga seperti ini. Namun demi kecantikan, kenapa tidak?
  4. Letaknya di pojok ruang, pembatas tangga berbahan kaca memang selalu berkelas.
  5. Lebih mewah dengan karpet di tengah tangga. Kamu bisa memilih ini, tapi harus rajin-rajin membersihkan karpet ya agar selalu terlihat bersih dan mewah.

★ Modern

  1. Takjub melihatnya. Pemasangan tangga di pojok ruang dan dimanfaatkan untuk laci terbuka pula. Lebih cantik dengan lampu-lampu bawah tangga.
  2. Ini, sangat kekinian tapi terkesan mahal pula. Sederhana, modern, dan biasanya yang suka ini adalah kaum milenial.
  3. Mengambil ide-ide standar tapi direalisasikan secara modern. Pengaplikasiannya adalah dengan tangga berbahan dasar kayu.
  4. Tanpa pembatas. Tangga rumah ini kesannya mengerikan, seolah-olah tanpa pengaman, tapi desain seperti inilah yang saat ini banyak digemari.
  5. Konsep industrialis dapat diaplikasikan pada tangga rumah. Kalau biasanya tangga seperti ini dapat dijumpai di distro atau kafe, tapi bisa juga kamu terapkan di rumah.

★ Sederhana

  1. Sederhana, minimalis, dan modern. Pemanfaatan tangga seperti ini sudah banyak kita temui. Kamu juga pasti tidak asing, bukan?
  2. Tegak, tanpa liuk-liuk yang berarti. Tangga seperti ini memang standar tapi dikemas lebih modern.
  3. Sama dengan sebelumnya, ini adalah tangga yang biasa tapi yang membuatnya nampak sederhana dan berkelas adalah penggunaan material kayu.
  4. Tangga di luar ruang biasanya digunakan oleh pemilik rumah yang memiliki kos-kosan di lantai dua. Cukup sederhana dan minimalis.
  5. Terakhir, inspirasi tangga ini masih bisa kamu terapkan dan jangan takut ketinggalan zaman. Sebab pemilihan warna putih ini seolah tak lekang oleh waktu.

Begitulah berbagai hal mengenai desain interior rumah yang dapat kami jabarkan. Mulai dari pengertian, konsep, tujuan, hingga contoh-contoh desain interior ruang dalam rumah. Sudahkah kamu memiliki gambaran akan bagaimana interior rumahmu kelak? Atau, akan dirombak seperti apa rumahmu sekarang?

your home should tell the story of who you are, and be a collection of what you love

- Nate Berkus, Interior Designer -

Sumber:

Wicaksono dan Tisnawati.2014.Teori Interior.Jakarta Penerbit :Griya Kreasi.

Leave a Comment